Sejarah Menarik Jaket Kulit Asli Indonesia

Menelusuri sejarah jaket kulit asli Indonesia? Kenapa tidak? Menambah pengetahuan tidak ada salahnya, apalagi jika mengenai barang yang dipakai sehari-hari.

 

Menilik sejarah suatu pakaian mungkin tidak lazim dilakukan, namun ada pentingnya mengetahui hal tersebut. Seperti halnya mengetahui sejarah jaket kulit asli Indonesia meskipun hanya untuk menambah pengetahuan saja. meskipun bukan asli berasal dari Indonesia, perkembangan jaket ini sangat pesat di Indonesia. Apalagi jaket asli domba dari kota-kota sentra jaket kulit di Indonesia bahkan sudah diakui oleh dunia. Bahan yang digunakan merupakan kulit asli yang lembut dan lentur. Selain itu, kualitasnya sangat bagus dan sangat disukai oleh berbagai kalangan. Sebenarnya, bagaimana awal mula dari jaket keren ini?

 

Awal Mula Jaket Kulit Asli Indonesia

Menjawab pertanyaan di atas, awal mula jaket ini adalah jaket yang digunakan oleh para pilot atau penerbang. Kalangan yang paling sering menggunakannya adalah para tentara atau kalangan militer. Inilah awal sejarah jaket kulit asli Indonesia yang perlu diketahui. Jaket ini terkenal bisa menahan angin dan udara yang menusuk. Bahan kulitnya terasa hangat di tempat dengan suhu dingin dan sejuk di tempat dengan suhu panas. Jadi, untuk segala misi yang diemban, jaket ini bisa menjaga agar suhu badan stabil. Hal tersebut sangat penting dalam kemenangan suatu negara dalam peperangan. Jadi tidak heran kalau setiap negara berlomba-lomba menyesuaikan pakaian yang dikenakan ke medan perang dengan kondisi tentara-tentaranya.

 

Awal mula tersebut terjadi pada tahun 1900-an. Selanjutnya jaket ini sangat dikenal dalam perang dunia kedua. Pada masa tersebut, namanya adalah jaket bomber. Jaket yang juga menjadi seragam ini akan melindungi para tentara yang maju ke medan perang dari kondisi ekstrem. Apalagi jika peperangan terjadi di tempat yang memiliki iklim berubah-ubah dan berbeda dengan tempat asal. Jaket ini sangat membantu, terutama ketika kulit yang dipakai adalah kulit domba utuh. Selain menstabilkan suhu tubuh, jaket ini juga lentur sehingga tidak mengganggu pergerakan seseorang. Makanya tidak heran jika selanjutnya sejarah Jaket Kulit Asli Indonesia maupun jaket yang berasal dari negara lain, selama berbahan dasar kulit, menjadi populer di kalangan awam setelahnya.

 

Contoh negara yang memakai jaket keren bomber ini sebagai seragam adalah kaum Bolshevik Rusia. Setelahnya jaket ini bahkan diperkenalkan kepada militer di seluruh dunia. jadi jangan heran kalau seragam tentara terlihat keren meskipun bukan motif army. Karena memakai jaket bomber berbahan dasar kulit sebagai seragamnya. Cukup menarik bukan, sejarah jaket kulit asli Indonesia ini, meskipun bukan asli Indonesia, namun perkembangan selanjutnya cukup mengejutkan. Karena Indonesia sebagai jajahan Jepang terlibat dalam perang dunia, maka tidak heran jika jaket tersebut ikut terbawa ke negara ini.

 

Setelah masuk, selanjutnya sudah bisa ditebak. Tren jaket berbahan dasar kulit mulai merebak hingga ke kalangan orang awam. Selanjutnya, banyak bahan kulit yang digunakan, namun tidak ada yang senyaman dan sebagus kulit domba. Kalau soal kelenturan jangan ditanya. Namun, bahan kulit yang satu ini mudah dibentuk sehingga berbagai desain bisa dibuat dengan tidak terlalu sulit. Warnanya pun mulai beragam sehingga cocok dengan siapa saja.

 

Artikel Terkait Baca Juga: sentra jaket kulit asli sukaregang di garut

 

 

Nah, itulah sejarah yang menarik tentang jaket kulit asli Indonesia. Tidak disangka buatan dalam negeri bisa berkembang pesat hanya beberapa dekade setelah masuk ke negara tercinta ini. Bahkan kualitasnya bisa disamakan atau bahkan lebih bagus daripada jaket dengan merek internasional sehingga banyak penjual dalam negeri yang mengekspornya ke luar negeri. Membanggakan, bukan? 

Write a comment

Comments: 2
  • #1

    seks telefon (Wednesday, 18 January 2017 13:30)

    nieznakowany

  • #2

    toko master essen (Tuesday, 24 October 2017 21:07)

    terima kasih banyak untuk iformasinya. salam sukses untuk kita semua. amin