Proses Pembuatan Jaket Kulit Asli Garut

Proses pembuatan jaket kulit asli Garut terdiri atas pemilihan bahan dasar, penyamakan, pewarnaan, pembuatan model, penjahitan, dan pemolesan.

 

Kebanyakan pengguna sepeda motor memilih untuk  menggunakan jaket kulit saat mengemudi. Pasalnya, selain dapat melindungi hawa dingin, jaket ini juga dapat diterapkan sebagai gaya berpakaian. Garut adalah salah satu kota yang memproduksi jaket kulit dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Anda penasaran dengan proses pembuatan Jaket Kulit Asli Garut? Mari simak ulasan artikel berikut ini.

 

Sejarah Singkat Jaket Asli Garut

Sebelumnya Anda perlu tahu tentang sejarah singkat Jaket Kulit Asli Garut untuk menambah kecintaan terhadap produk asli Indonesia ini. Jaket kulit Garut pada tahun 1900 telah digunakan oleh anggota militer dan para penerbang. Tujuan memakai jaket tersebut adalah untuk penghangat dan juga berfungsi melindungi dingin saat terbang di ketinggian tertentu. Sehingga dengan dikenalkannya penggunaan jaket kulit tersebut kemudian menjadi populer. Sedangkan kota Garut yang khas dodolnya ternyata juga sebagai penghasil ternak domba sehingga bisa membuat sentra produksi jaket kulit.

 

Proses pembuatan jaket kulit asli Garut tergolong sederhana akan tetapi membutuhkan keahlian dan ketelitian. Bahan dasar untuk jaket kulit adalah kulit domba. Kulit hewan tersebut didinginkan dan digarami.  Kemudian kulit dikirim ke tempat penyamakan kulit sehingga menjalani serangkaian proses seperti pencucian, pengeringan, pencabutan bulu, dan pengawetan.

 

1.     Penyamakan kulit (leather tanning)

Dalam proses ini terdapat hal-hal yang perlu dilakukan seperti pencucian kulit hewan, pengeringan kulit, pencabutan, pengawetan.

2.     Pewarnaan dasar (coloring)

Warna dipilih sesuai dengan kehendak pemakai akan tetapi biasanya menggunakan warna hitam dan coklat. Pewarnaan ini bertujuan agar jaket lebih menarik dan awet.

3.     Pembuatan model jaket kulit

Terdapat teknik tradisional dan modern dalam pembuatan model jaket kulit ini. Teknik tradisional yaitu dengan membuat pola diatas kertas  sedangkan teknik modern menggunakan bantuan software komputer.

4.     Proses penjahitan (sewing)

Apabila pola telah terbentuk maka dilanjutkan dengan proses menjahit. Proses ini bisa dilakukan secara manual akan tetapi juga dapat di lakukan sistem konveksi apabila dalam skala besar. Proses ini membutuhkan ketelitian tinggi karena proses pembuatan jaket kulit asli Garut ini menggunakan bahan dasar kulit.

5.     Pemolesan (rouging)

Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang masih melekat saat produksi. Pemolesan jaket digunakan untuk menjadikan permukaannya mengkilat serta akan menghasilkan tekstur jaket yang lembut.

 

Artikel Terkait: Perawatan Jaket Kulit Asli Garut

 

 

Demikian langkah-langkah proses pembuatan jaket kulit asli Garut, semoga dapat membantu Anda. Jaket Garut sudah terkenal akan kualitasnya, meskipun buatan dalam negeri akan tetapi tidak kalah saing dengan produk-produk luar negeri. Pembuatan jaket yang menggunakan kulit domba pilihan sehingga dapat membuat produk yang tahan dan awet. Produk ini disediakan beberapa warna dengan demikian pembeli baik pria maupun wanita dapat menyesuaikan dengan pilihannya.

Write a comment

Comments: 1